READY MANDARIN DUCK DAN WHITE MANDARIN

Mandarin Duck
 

Ciri-Ciri Bebek Mandarin

Bebek Mandarin (Mandarin Duck adalah spesies ungags yang terkenal berkat warna bulu yang unik dan indah. Burung ini memiliki tubuh yang agak gempal dengan punggung berwarna hitam, pola berbentuk sabit putih di sekitar mata, paruh berwarna merah, warna kehijauan di bagian leher dan sayap, serta tubuh bagian bawah yang berwarna putih. Bukan hanya itu, bebek mandarin juga memiliki semacam tonjolan berbentuk mata kapak di bagian ujung sayapnya. Hanya bebek mandarin jantan yang memiliki fisik semacam itu. Bebek mandarin betina memiliki warna yang dominan hitam dengan motif putih di bagian dada, sayap, dan tubuh bagian bawah. Bebek ini memiliki ukuran panjang 41-49 cm dan bentang sayap 65-75 cm.

Mandarin Duck betina dan jantan

Asal-Usul Bebek Mandarin

Bebek Mandarin banyak ditemukan di kawasan Cina maka dari itulah bebek ini dinamakan bebek mandarin. Namun tidak hanya cina habitat satu-satunya bebek ini. Bebek mandarin juga ditemukan di Jepang dan Rusia Timur (Siberia). Setiap musim dingin tiba. Bebek mandarin yang hidup di Cina akan terbang bermigrasi ke CIna bagian selatan yang notabennya memiliki suhu yang lebih hangat. Selain ditemukan di Asia bagian timur,  bebek mandarin belakangan juga ditemukan di Inggris setelah orang-orang inggris tertarik dengan keindahan unggas ini, dan mengimpornya, sebgaian bebek yang diimpor ada yang dilepas ke alam liar dan beranak pinak disana.

 

Mutasi

Berbagai mutasi pada bebek mandarin ditemukan di penangkaran. Yang paling umum adalah bebek mandarin putih. Meskipun asal mula mutasi ini tidak diketahui, pasangan terus-menerus burung terkait dan perkembangbiakan selektif dianggap menyebabkan kombinasi gen resesif yang mengarah ke kondisi genetik termasuk leusisme. Leucisme adalah mutasi genetik yang menyebabkan hilangnya pigmentasi. Hewan dengan leucisme mempertahankan warna mata normalnya. Hanya bulunya yang tidak memiliki pigmentasi. Bulu putih bergantung pada gen mana yang dominan dan mana yang resesif.


Bebek Mandarin putih atau white mandarin dewasa

 

Perilaku Bebek Mandarin

Bebek Mandarin secara garis besar memiliki periliaku yang tidak juah berbeda dengan bebek pada umumnya. Hewan ini gemar berenang sambal mengapung di permukaan air. Adanya cairan minyak yang melapisi bulunya, bebek mandarain bisa mengapung sambal menjaga agar bentuk bulunya tidak berubah akibat terkena air. Habitat perairan yang disukai bebek mandarin adalah perairan tawar yang dipenuhi onggokan kayu dan tumbuhan di sekitarnya.

 

Makanan Bebek Mandarin

Makanan utama bebek mandarin ini adalah biji-bijian, hewan-hewan kecil seperti serangga, siput, dan katak. Bebek mandarin biasanya mencari makan pada pagi dan sore hari. Bebek mandarin akan beristirahat di tempat teduh.

 

White Mandarin dan Call Duck

Cara Kawin dan Bertelur Bebek Mandarin

Bebek mandarin adalah bebek Mongolia yang hanya melakukan perkawinan dengan 1 bebek, dimana satu bebek bisa bertahan dengan pasangan yang sama hingga beberapa tahun kemudian. Untuk menarik perhatian bebek betina, sang jantan akan melakukan semacam tarian di permukaan air. Tidak jarang bebek jantan akan berkelahi dengan bebek jantan lain ketika mereka memperebutkan bebek betina yang sama. Jika bebek betina menyukai tarian yang dilakukan bebek jantan, keduanya akan kawin dan kemudian bersarang di lubang pohon bekas sarang burung pelatuk.


Sebelum bertelur, bebek jantan dan betina akan membuat sarang di dalam lubang dan memakai sisa-sisa ranting.  Kemudian bebek betina akan mengeluarkan telur-telurnya. Sekali bertelur bisa mencapai 12 butir. Waaktu yang diperlukan oleh bebek mandarin betina untuk mengerami telurnya hingga menetas adalah sekitar 1 bulan. Bayi bebek mandarin yang baru menetas sudah bisa melihat dan berjalan secara normal. Bebek jantan dan betina merawat anak-anaknya di luar sarang bersama-sama hingga sekitar dua bulan. Bebek mandarin sudah bisa ternang pada usia 40 hari dan bisa hidup hingga usia 20 tahun lebih.

 

Mandarin Duck Jantan


Habitat Bebek Mandarin

Habitat yang lebih disukai dalam tempat berkembang biaknya adalah tepi sungai dan danau yang lebat dan berhutan lebat. Ini sebagian besar terjadi di daerah dataran rendah, tetapi dapat berkembang biak di lembah pada ketinggian hingga 1.500 m (4.900 kaki). Di musim dingin, itu juga terjadi di rawa-rawa, ladang banjir, dan sungai terbuka. Meskipun lebih menyukai air tawar, ia juga dapat terlihat musim dingin di laguna pesisir dan muara. Dalam kisaran Eropa yang diperkenalkan, ia hidup di habitat yang lebih terbuka daripada di kisaran aslinya, di sekitar tepi danau, padang rumput air, dan daerah budidaya dengan hutan di dekatnya. 

 

Dalam Budaya Cina

Orang Cina menyebut bebek Mandarin sebagai yuanyang,di mana yuan () dan yang () masing-masing berarti bebek mandarin jantan dan betina. Dalam budaya tradisional Tiongkok, bebek mandarin dipercaya sebagai pasangan seumur hidup, tidak seperti spesies bebek lainnya. Karenanya mereka dianggap sebagai simbol kasih sayang dan kesetiaan suami-istri, dan sering ditampilkan dalam seni Tiongkok.


Simbol bebek mandarin juga digunakan dalam pernikahan Tionghoa karena dalam adat istiadat Tionghoa, mereka melambangkan kebahagiaan dan kesetiaan dalam pernikahan. Karena bulu jantan dan betina dari bebek mandarin sangat tidak sama, yuan-yang sering digunakan dalam bahasa Kanton untuk berarti "pasangan aneh" atau "pasangan yang tidak mungkin" - campuran dari dua jenis kategori yang sama. Misalnya minuman yuanyang dan nasi goreng yuan-yang. Bebek Mandarin ditampilkan di bendera Weihaiwei selama pemerintahan Inggris.

 

Budaya Korea

Bagi orang Korea , bebek mandarin mewakili kedamaian, kesetiaan, dan keturunan yang berlimpah. Mirip dengan orang Cina, mereka percaya bahwa bebek ini kawin seumur hidup. Untuk alasan ini, pasangan bebek mandarin berukir kayu yang disebut bebek pernikahan sering diberikan sebagai hadiah pernikahan dan memainkan peran penting dalam pernikahan Korea . 

 

Budaya Jepang

Demikian pula, dalam bahasa Jepang bebek disebut oshidori  dan digunakan dalam frase oshidori, "sepasang sejoli / pasangan yang menikah bahagia").


Daftar Harga Bebek Mandarin dan Bebek Hias Lainnya 

Daftar Harga Angsa Hias


Jika Anda yang ingin memiliki Bebek Mandarin ini, anda bisa menghubugi kami di bursaayamhias.net atau bursaayamhias.com. Kami menyediakan berbagai jenis bebek hias, ayam hias dan berbagai macam burung merak, pheasant, macau, maupun burung unta. Atau bisa menghubungi kontak di bawah ini :

Telfon/WA     : 0812-1641-9740

Facebook      : Eko Cahyo Saputro

Instagram      : Ekongawi_Bursaayamhias

Youtube         : Bursaayamhias Ngawi

Email              : ekocahyosaputro9@gmail.com

Alamat           : Dsn. Ngreco  Rt/Rw 03/03 Ds. Semen, Kec. Paron, Kab. Ngawi, Jawa Timur

 

Terkait : Mandarin Duck, Bebek Mandarin, White Mandarin, Jual Bebek Mandarin, Jual Mandarin Duck, Jual White Mandarin, Ciri-ciri Bebek Mandarin, Asal-usul Bebek Mandarin, Mutasi Bebek Mandarin, Makanan Bebek Mandarin, Cara Kawin dan Bertelur Bebek Mandarin, Habitat Bebek Mandarin, Perilaku Bebek Mandarin, Menurut budaya Jepang tentang Bebek Mandarin, Menurut Budaya Korea tentang Bebek Mandarin, Menurut Budaya Cina tentang Bebek Mandarin.

Belum ada Komentar untuk "READY MANDARIN DUCK DAN WHITE MANDARIN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel