MENGENAL MERAK BIRU INDIA ATAU INDIAN BLUE PEACOCK


Merak biru atau Merak india, yang dalam nama ilmiahnya Pavo cristatus adalah salah satu burung dari tiga spesies burung merak. Merak biru mempunyai bulu berwarna biru gelap mengilap. Burung jantan dewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230 cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya tidak mengilap, berwarna coklat kehijauan dengan garis-garis hitam dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Merak betina tidak memiliki bulu ekor yang panjang,supaya dapat bersembunyi serta bertelur dengan aman di balik semak-semak.

Populasi Merak biru tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan. Sebelumnya spesies ini ditemukan juga di Bangladesh, tetapi sekarang kemungkinan besar telah punah di sana. Merak jantan adalah poligami spesies, mempunyai pasangan lebih dari satu. Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu ekornya di depan burung betina  guna menarik perhatian betinanya.. Bulu-bulu penutup ekor dibuka membentuk kipas dengan bintik berbentuk mata berwarna biru. Burung betina biasanya menetaskan tiga sampai enam butir telur.

Pakan burung Merak biru terdiri dari aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti cacing, laba-laba dan kadal kecil.  Burung merak biru, lebih familiar di Indonesia sebab dipelihara secara eksitu oleh kebun binatang serta taman satwa di nusantara. Hampir pada seluruh kebun binatang di Indonesia terdapat burung Merak dan selalu menjadi primadona, dengan atraksi indah pada waktu memamerkan ekor kipasnya yang sangat besar.




Burung yang punya sayap berwarna cerah ini, memang terkenal tampilannya cantik dan mempesona. Oleh sebab itu, banyak yang mempercayai burung merak menjadi simbol kecantikan, kesetiaan, keabadian serta ketentraman.

Cara hidup dari burung merak biru yaitu dengan berkelompok dan juga membentuk keluarga. Pada waktu malam hari burung ini tinggal di atas pepohonan dan kemudian pada saat hari sudah menunjukan waktu siang, burung merak biru akan lebih senang berkeliaran di wilayah tanah. Dan juga suka sekali bertengger di atas dahan pohon yang sudah gundul. Burung merak yang sedang bertengger akan terlihat sangat indah dan mempesona tampilannya. Terlebih lagi saat bulunya mekar, lebih indah lagi.

Jika anda ingin memiliki merak jenis ini, segera hubungi kontak di bawah ini, karena persediaan kami terbatas. 

Telfon/WA  : 0812-1641-9740

Facebook    : Eko Cahyo Saputro & Bursa Ayam Hias 

Instagram    : @bursaayamhias

Youtube       : Bursaayamhias Ngawi

Email           : ekocahyosaputro9@gmail.com

Alamat         : Dsn. Ngreco  Rt/Rw 03/03 Ds. Semen, Kec. Paron, Kab. Ngawi, Jawa Timur


Kami juga menjual jenis merak lain seperti White PeacockBlue peacockPied PeacockBlack solder Peacock dan Cameo PeacockOpal PeacockBronze Peacock, dan Purple Peacock, selain itu kami juga menjual berbagai Jenis PheasantBurungAyam HiasAngsa HiasBebek Hias dan berbagai jenis Hewan Mamalia Impor yang Unik.


Belum ada Komentar untuk "MENGENAL MERAK BIRU INDIA ATAU INDIAN BLUE PEACOCK "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel