MENGENAL JENIS BEBEK NORTHERN SHOVELERS DAN FAKTA UNIK TENTANGNYA

Deskripsi

Jenis bebek ini berasal dari belahan bumi utara karena paruhnya yang besar. Jantan dewasa memiliki kepala berwarna-warni berwarna hijau tua, dada putih dan perut serta sisi-sisi kastanye. Dalam penerbangan, bulu sayap depan berwarna biru pucat terlihat, dipisahkan dari spekulum hijau oleh garis putih. Pada awal musim gugur, jantan akan memiliki bulan sabit putih di setiap sisi wajah. Pada bulu non-breeding (gerhana), jantan menyerupai betina. 

Betina berwarna cokelat belang-belang kusam seperti burung perenang lainnya, dengan bulu yang mirip dengan mallard betina, tetapi mudah dibedakan dengan paruh lebar yang panjang, yang berwarna abu-abu dengan warna oranye pada pinggiran tajam dan rahang bawah. Sayap depan betina berwarna abu-abu.

Perlindungan Satwa Liar Nasional adalah tempat yang tepat untuk mencari Northern Shovelers dari migrasi selama bulan-bulan musim dingin (Agustus – April). Biasanya mereka ditemukan di sekitar pinggiran daerah dangkal, mereka cenderung menggunakan lebih banyak genangan air daripada bebek lainnya, jadi Anda juga dapat menemukannya di genangan air yang lebih kecil dan keruh. Dada putih cerah jantan pasti akan menarik perhatian Anda jika Anda tidak langsung melihat paruh raksasa mereka. Shoveler tidak terlalu waspada dibandingkan bebek lainnya, terkadang terlihat lebih dekat tanpa perlu teropong bercak.

 

Ukuran & Bentuk

Northern Shoveler memiliki paruh berbentuk sekop yang dengan cepat membedakannya dari bebek lain yang mencoba-coba. Ini adalah bebek berukuran sedang yang cenderung duduk dengan bagian belakang sedikit lebih tinggi dari air hampir seperti paruhnya menarik setengah bagian depannya ke bawah. Panjangnya 48 cm (19 inci) dan lebar sayap 76 cm (30 inci) dengan berat 600 g.

Tingkah laku

Northern Shoveler sering menundukkan kepala di lahan basah yang dangkal, sibuk menyapu makanan mereka dari sisi ke sisi, menyaring invertebrata air dan benih dari air. Sekelompok besar Northern Shoveler  berenang cepat dalam lingkaran untuk mengumpulkan makanan dari permukaan dengan menciptakan efek corong. Para Northern Shoveler  memberi makan dengan mencoba-coba makanan nabati, seringkali dengan mengayunkan paruh dari sisi ke sisi dan menggunakan paruh untuk menyaring makanan dari air. Mereka menggunakan paruh mereka yang sangat terspesialisasi (dari mana nama mereka berasal) untuk mencari makan invertebrata air. Paruh datar lebar mereka dilengkapi dengan lamellae yang berkembang dengan baik - struktur kecil seperti sisir di tepi paruh yang bertindak seperti saringan, memungkinkan burung untuk menelusuri krustasea dan plankton dari permukaan air. Adaptasi ini, lebih terspesialisasi pada sekop, memberi mereka keuntungan dibandingkan bebek genangan air lainnya, yang dengannya mereka tidak harus bersaing untuk mendapatkan sumber makanan sepanjang tahun. Dengan demikian, rawa berlumpur yang kaya akan kehidupan invertebrata adalah habitat pilihan mereka.

Habitat

Northern Shovelers mencari makan di lahan basah dangkal, rawa-rawa pesisir, sawah, ladang banjir, danau, dan laguna limbah. Mereka bersarang di sepanjang pinggiran lahan basah atau di daerah berumput tetangga

Bebek Northern Shoveler  yang dikenal di Inggris sebagai shoveller ini banyak ditemukan disana. Bebek ini berkembang biak di daerah utara Eropa dan di seluruh Palearktik dan di sebagian besar Amerika Utara,  musim dingin di Eropa selatan, Afrika, anak benua India, Asia Tenggara, Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan bagian utara. Ini adalah gelandangan langka ke Australia. Di Amerika Utara, ia berkembang biak di sepanjang tepi selatan Teluk Hudson dan barat perairan ini, dan sejauh selatan Great Lakes di barat ke Colorado, Nevada, dan Oregon. 

Northern Shoveler  adalah salah satu spesies yang diberlakukan Perjanjian Konservasi Burung Air Bermigrasi Eurasia Afrika (AEWA). Status konservasi burung ini Least Concern.

 

Fakta Unik Tentang Northern Shoveler

Paruh Northern Shoveler besar (panjang sekitar 2,5 inci) dan berbentuk seperti sekop, tetapi paruh berbentuk aneh itu juga memiliki sekitar 110 proyeksi halus (disebut lamellae) di sepanjang tepinya yang bertindak seperti saringan, menyaring krustasea kecil, benih, dan invertebrata air dari air.

Northern Shoveler bersifat monogami dan tetap bersama lebih lama dari pasangan bebek lainnya yang berkecimpung. Mereka membentuk ikatan di musim dingin dan tetap bersama sampai sebelum migrasi musim gugur.

Ketika dibilas dari sarangnya, seekor betina Northern Shoveler sering buang air besar dengan telurnya, tampaknya untuk mencegah predator.

Northern Shoveler tidak hanya ada di Amerika, mereka juga berkembang biak di seluruh Eropa dan menghabiskan musim dingin di seluruh Eropa, Afrika, dan India.

Northern Shoveler tertua yang tercatat adalah seekor jantan, dan berusia setidaknya 16 tahun, 7 bulan ketika ditemukan di Nevada.


Jika anda ingin memiliki hewan diatas, segera hubungi kontak di bawah ini, karena persediaan kami terbatas. 

Telfon/WA : 0812-1641-9740

Facebook : Bursa Ayam Hias 

Instagram : @Bursaayamhias

Youtube : Bursaayamhias Ngawi

Email :  bursaayamhiasfarm@gmail.com

Alamat : Dsn. Ngreco Rt/Rw 03/03 Ds. Semen, Kec. Paron, Kab. Ngawi, Jawa Timur. 


Kami juga menjual berbagai jenis Bebek hias lainnya seperti Brown Bahama, silver bahama, Ring TealSilver Ring Teal, Caroline Duck, Mandarin Duck, White Mandarin, Cinnamon TealLaysan DuckRossy Billed Pochard, Eurasia Teal DuckNorthern ShovelersBlack Swan, Mute Swan. Dan kami juga menjual berbagai jenis burung seperti merakburung unta dan Pheasant.


Kata kunci : Jual bebek hias, jual bebek import, jual Northern Shoveler Duck, jual merak, jual Pheasant, jual burung unta, jual sulcata, bursa ayam hias, bursaayamhias. 


BACA JUGA




Belum ada Komentar untuk "MENGENAL JENIS BEBEK NORTHERN SHOVELERS DAN FAKTA UNIK TENTANGNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel