MERAK HIJAU (PAVO MOTICUS) SERTIFIKAT + SATDN


Merak hijau (Pavo muticus) adalah salah satu burung dari tiga spesies merak. Seperti burung-burung lainnya yang ditemukan di suku Phasianidae, merak hijau mempunyai bulu yang indah. Bulu-bulunya berwarna hijau keemasan. Burung jantan dewasa berukuran sangat besar, panjangnya dapat mencapai 300 cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya kurang mengkilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor.

Populasi merak hijau tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina dan Jawa Indonesia. Sebelumnya merak hijau ditemukan juga di India, Bangladesh dan Malaysia, tetapi sekarang telah punah di sana. Walaupun berukuran sangat besar, merak hijau adalah burung yang pandai terbang.

Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu ekornya di depan burung betina. Bulu-bulu penutup ekor dibuka membentuk kipas dengan bintik berbentuk mata. Burung betina menetaskan tiga sampai enam telur.

Pakan burung merak hijau terdiri dari aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil.

Namun karena banyaknya habitat hutan yang hilang dan penangkapan liar yang terus berlanjut, serta daerah dimana burung ini ditemukan sangat terpencar, merak hijau dievaluasikan sebagai rentan di dalam IUCN Red List . Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix II.

Habitat Merak Hijau

Hanya terdapat di Pulau Jawa, habitat merak hijau mulai dari dataran rendah hingga tempat-tempat yang tinggi. Merak hijau jarang terlihat di tengah hutan dan lebih sering terlihat di daerah hutan musim yang lebih terbuka dekat savana. Mereka pun tidur di atas pohon gundul yang tinggi.

Kamu dapat menemukan merak hijau di Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Taman Nasional Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, serta Taman Nasional Meru Betiri yang membentang di wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.Selain itu diperkirakan juga masih terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon, dan Taman Nasional Meru Betiri.

Populasi burung merak hijau kini semakin merosot. Saat ini, jumlahnya pun nggak lebih dari 800 ekor. Dilansir Tempo.co (12/2/2015), berkurangnya populasi merak hijau ini disebabkan paling banyak karena adanya perburuan oleh manusia untuk diambil bulunya. Pasalnya, bulu merak yang indah tersebut kerap dijadikan untuk membuat perlengkapan kesenian Reog Ponorogo. Padahal di setiap dada atau penampang Reog membutuhkan sekitar 1.500 lembar bulu merak.

Selain itu, populasi burung merak hijau di alam juga semakin menurun dengan semakin banyaknya kawasan hutan yang dijadikan sebagai lahan pertanian, perladangan, dan pemukiman penduduk. Kebakaran hutan yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia juga menjadi salah satu pemicu semakin langkanya buruk merak hijau.

Fakta unik dan menarik tentang burung Merak dengan keindahan bulunya :

1.   Bulu merak selain simbol keindahan, juga untuk mengelabuhi musuh

Bulu merak selama ini hanya dianggap sebagai simbol dari keindahan saja, padahal bulu ini berfungsi untuk melindungi dari serangan musuh.

Pada saat ada musuh yang hendak menyerang, dengan segera burung Merak membuka bulunya. Bulatan-bulatan mirip bola mata yang terdapat pada bulu Merak akan mampu mengelabuhi musuh yang mengira mereka berhadapan dengan ratusan mata burung merak.

2. Merak jantan gemar memamerkan ekornya

Perlu Anda ketahui bahwa hanya merak jantan yang gemar memekarkan bulu ekornya. Ekor merak jantan akan membuka lebar saat musim kawin.

Burung merak jantan akan berlomba-lomba memamerkan keindahan ekornya untuk menarik perhatian lawan jenis. Saat mekar, bulu ekor merak membentuk kipas dengan serabut-serabut halus berwarna indah.

3. Ukuran merak betina lebih kecil

Merak betina memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan merak jantan. Selain itu, bulu-bulu merak betina memiliki warna yang lebih cokelat

Merak betina juga mempunyai mahkota yang indah di kepalanya, sama seperti halnya merak jantan.

4. Merak adalah saudara dekat ayam domestik

Merak termasuk dalam famili Galliformes, yang berisi berbagai unggas penghuni tanah termasuk ayam, kalkun, kuau, dan sempidan.

Ciri khas dari famili ini adalah kebiasaannya mencari makan di tanah, kaki yang kuat untuk mengais lantai hutan, pola terbang yang berat dan jarang, serta suara yang khas pada masing-masing spesies.

Semua ciri-ciri tersebut dapat ditemukan di tubuh merak, sehingga burung Merak dikelompokkan satu famili degan ayam domestik.

5. Hanya terdapat tiga jenis burung Merak di dunia

Terdapat dua genus burung Merak, yaitu Pavo dan Afropavo. Genus Pavo terdiri atas dua spesies merak, yaitu Merak Hijau (Pavo musticus) yang tersebar di seluruh dataran Indochina, Semenanjung Malaya, dan kedua ujung timur Pulau Jawa, dan Merak Biru (Pavo cristatus) yang hanya ada di India.

Sedangkan genus Afropavo hanya terdiri dari satu spesies, yaitu Merak Kongo (Afropavo congoensis) sebagai burung endemik di negara Kongo, Afrika Barat.


READY  MERAK HIJAU SERTIFIKAT + SATDN 

Jika anda ingin memiliki hewan diatas, segera hubungi kontak di bawah ini, karena persediaan kami terbatas. 

Telfon/WA : 0812-1641-9740

Facebook : Bursa Ayam Hias 

Instagram : @Bursaayamhias

Youtube : Bursaayamhias Ngawi

Email :  bursaayamhiasfarm@gmail.com

Alamat : Dsn. Ngreco Rt/Rw 03/03 Ds. Semen, Kec. Paron, Kab. Ngawi, Jawa Timur. 


Kami juga menjual berbagai jenis Ringneck lain seperti Ringneck PheasantGolden Pheasant, Yellow Pheasant, Lady Amhers Pheasant, Silver Pheasant, Reeves Pheasant, Swinhoe PheasantMikado PheasantElliot PheasantGrey Peacock Pheasant, Pahlawan Peacock Pheasant, Tragopan SatyraBlue Eared Pheasant, dan berbagai jenis MerakBurungBebek HiasAngsa Hias dan Ayam Hias Impor.

Kata kunci : Jual Grey Peacock Pheasant, Habitat Grey Peacock Pheasant, Makanan Grey Peacock Pheasant, Mengenal Grey Peacock Pheasant, Desripsi Grey Peacock Pheasant, dan Fakta Unik Grey Peacock Pheasant, Ciri-ciri Grey Peacock Pheasant, jual Grey Peacock area jawa timur, surabaya, ngawi, jawa tengah, jual merak, jual Pheasant, jual burung unta, jual sulcata, jual bebek hias, mandarin duck, caroline duck, angsa hitam, angsa putih, bursa ayam hias, bursaayamhias. 


BACA JUGA

Belum ada Komentar untuk "MERAK HIJAU (PAVO MOTICUS) SERTIFIKAT + SATDN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel